Steve Jobs Dan Apple

Qubyu - Pernah dengar nama Steve jobs ? 

Belum pernah,Bagaimana Jika Brand Gadget yang mahal dan canggih serta bisa menggambarkan kalau anda orang kaya ? Ya.Iphone juga macbook,macintosh,ipod Dan lain-lain. Tahukah anda kalau semua produk itu adalah produk buatan perusahaan yang bernama Apple,pasti tau lah ya.

Pada artikel kali Qubiu akan mengulas sosok pendiri Apple dan perjuangannya dalam membangun sebuah perusahaan paling berharga di dunia ini.

Steve Jobs

Lahir di San Francisco, California Amerika Serikat. Pada tanggal 24 februari1955,ayahnya bernarma Abdul Fattah “John” Jandali seorang mahasiswa asal suriah yang menjadi wakil presiden salah satu kasino di Reno,Nevada.Sedangkan,ibu kandungnya bernama Carole Schieble.

Steve jobs Lahir dengan orang tua kandung yang masih tidak mampu,Ayah dan Ibbu Steve jobs bertemu di university of Wisconsin,saat itu ayah dari Joanne tidak mengizinkan putrinya ini berhubungan dengan imigran asal suriah,kemudian kenekatan pun terjadi,John dan Joanne memutuskan untuk kawin lari,Ketika anak mereka lahir,mereka menyerahkan bayi tersebut(Steve Jobs) kepada pasangan keluarga Paul dan Clara Jobs.

Alasan mengapa Bayi(Steve Jobs) diserahkan ke keluarga tersebut karena masalah ketidakmampuan dari ibu kandung Steve Jobs untuk membiayai kehidupan nya kelak.

Kemudian Bayi itu diadopsi oleh Paul dan Clara,mereka memberi nama bayi ini dengan nama Steve Paul Jobs,kemudia mereka pindah ke daerah Santa Clara yang pada tahun 1961,yang sekarang dikenal dengan nama silicon Valley.

Anak Muda Yang Jenius

Steve Jobs saat muda tumbuh disebuah lembah kebun apricot,yang sekarang wilayah itu menjadi pusat dunia teknologi komputer.Ketika diterima di Homestead High School,Jobs terdaftar di kelas elektronik yang paling populer di sekolah tersebut.

Kemampuan Steve jobs pada saat itu berkembang pesat dibawah bimbingan guru McCollum,Steve Jobs menghubungi Bill Hewlett (salah satu pendiri Hewllet Packard atau HP) untuk mencari suku cadang guna membuat frequency counter,dari sini Jobs ditawarkan kesempatan Dari Hewlet untuk magang di perusahaan Hewlett Packard,dari sini juga keterampilan kewirausahaan Steve Jobs Mulai tumbuh.

Di Homestead,Jobs bertemu dengan Bill Fernandez,dan Bil memiliki minat yang sama dengan Jobs yaitu,yaitu Elektronika.Bill juga mempernalkan Jobs Dengan Steve Wozniak,Jobs dan Woz pun berteman,pada saat itu,Woz sedang membangun papan komputer kecil dengan Bill yang mereka sebut “Soda Krim Komputer”.

Bisnis Ilegal Tapi Jenius

Steve Jobs Dan Wozniak memulai usaha mereka pertama kali pada tahun 1972.mereka berhasil membuat “Kotak Biru”,Yaitu sebuah perangkat kecil yang dapat membobol peralatan telekomunikasi AT&T (sekarang merupakan perusahaan internasional dalam bidang telekomunikasi yang bermarkas di San Antonio, TexasAmerika Serikat) sehingga memungkinkan untuk membuat panggilan gratis.

Baca Juga: Kisah CEO Metaverse Dan Facebook

Jobs mengusulkan untuk menjual kotak biru itu,Lalu mereka berdua menjualnya dari kamar ke kamar di asrama Berkeley,dimana Temannya Steve yaitu Steve Wozniak masih menjadi mahasiswa disana,Akhir dari usahanya untuk menjual barang ini adalah saat mereka hampir tertangkap polisi karena bisnis ilegalnya itu.

Terlalu Tinggi

Kemudian Steve Jobs Saat itu,Memutuskan untuk mendaftarkan diri  ke Reed College di Oregon,Sebuah perguruan tinggi seni liberial yang sangat mahal,saking mahalnya Paul Dan clara (orang tua tiri Steve Jobs) Harus menggunakan hampir seluruh tabungan mereka untuk membiayai pendidikan Jobs,Dan ketika Sekolahnya Kurang 1 Semester lagi, Steve Jobs Drop Out .

Video Game

Pada tahun 1974,Steve Jobs melamar pekerjaan di Atari karena ia sangat membutuhkan uang.Atari merupakan sebuah perusahaan permainan video game pertama yang dibangun di Nolan Bushnell pada tahun 1972.

Steve Jobs sendiri pada saat itu sangat terkesan pada Nolan,karena bisa mendapatkan banyak uang hanya dengan membuat mesin Pinball.

Apple

Pada tahun 1976,Steve Jobs yang masih berumur 20 tahun mengajak Steve Wozniak temannya untuk mendirikan sebuah perusahaan Komputer,yang bernama Apple di garasi keluarga Steve Jobs,mereka berdua memperkenalkan generasi pertama Apple computer yang diberi nama Apple l,menurut Wikipedia Generasi pertama ini merupakan hasil buatan dari Steve Wozniak .kemudian pada tahun 1977,Jobs dan Woz meluncurkan produk generasi kedua mereka yaitu Apple ll yang sukses besar dipasaran rumah tangga.

Note: Ada campur tangan Investor disini,yaitu Mike Markkula,beliau adalah seorang pengusaha Amerika Serikat yang menjadi Investor malaikat  bagi Apple, yang berperan penting pada saat Peluncuran Gen Ke 2 dari apple sekaligus jadi CEO kedua Apple pada saat itu.

Pada tahun 1980,Apple Computer, Inc. mencatatkan namanya di bursa efek. Dengan penawaran saham awal yang sukses,ketenaran Jobs pun bertambah,pada tahu itu juga.

Apple meluncurkan produknya lagi, Generasi ketiga mereka yang diberi nama Apple lll,berkembangnya perusahaan Apple membuat Steve jobs mencari kepemimpinan baru yang bisa memimpin atau menjadi Partner bagi Steve Jobs sendiri,karena Steve Jobs juga sadar pada kepemimpinannya sendiri dan memutuskan untuk memilih orang penting yang berpengalaman lama di dunia bisnis,Pada tahun 1983,Jobs Menggaet  John Sculley dari perusahaan Pepsi-Cola untuk memimpin Apple Computer.

Namun keputusan itu merupakan keputusan yang Paling disesali Steve Jobs.

Apple kembali meluncurkan produk terbarunya yakni Apple Lisa  dengan teknologi yang sangat maju pada era saat itu,Nama Komputer ini terisnpirasi dari Nama anak Perempuan Steve Jobs yakni Lisa Brennan- Jobs,ia merupakan anak Dari hubungan antara Steve Jobs Dengan Chris Ann Brennan(Chrisann Brennan).

Visi Yang Berlawanan

Pada produk terbarunya lagi yang bernama Macintosh,merupakan komputer pertama yang berhasil dijual ke pasaran dengan menghadirkan fitur antar muka pengguna grafis, dan Iklan Pertama apple tentang Macintosh yang menuai banyak pujian Kesuksesan Macintosh membuat Apple Menelantarkan varian Komputer Apple ll demi mengembangkan produksi macintosh.

Namun,karena harga produk Macintosh yang dipasang Terkesan Mahal dan juga kurang ramah dikantong para customer,alhasil penurunan drastic penjualan di seluruh industri menjelang akhir tahun 1984,mengakibatkan perpecahan kerjasama antara John sculley dengan Steve Jobs,hal ini yang menyebabkan Jobs di cabut jabatan kepala divisi oleh John sculley pada akhir mei 1985.

Baca Juga:Tahukah Kamu Kalau Pendiri KFC adalah Seorang Tentara

Steve Jobs merasa kecewa terhadap Sculley,yang dia pikr John sculley sangat berkompeten namun ada perbedaan visi pada mereka berdua,Steve Jobs memiliki visi untuk menghadirkan Produk yang berguna Bagi Customer Dari kualitasnya Sedangkan John Sculley Lebih memetingkan Uang dari pada Produknya,sehingga visi dan keduanya sulit untuk disatukan,Komisaris perusahaan ternyata lebih berpihak kepada John Sculley dari pada steve Jobs.

Ahasil Steve Woz keluar dari Apple dan Steve Jobs Ditendang dari perusahaannya sendiri yang ia bangun bersama Woz dan satu tokoh lagi yaitu Ronald Wayne.

Steve Jobs Menjadi seorang Pengusaha yang gagal pada masanya.

Bangkit

Selanjutnya ia berpikir untuk Pergi ke Silicon Valley,namun ia membangun kepercayaan dirinya untuk kemampuan yang ia miliki saat itu,Dalam Kurun waktu yang Lumayan lama yakni 5 Tahun Semangatnya mulai kembali lagi,ia mulai tekuni dalam dunia yang beberapa tahun lalu sempat membuat namanya melambung tinggi keatas kerumunan banyak orang.

Steve Jobs Mendirikan Perusahaan Next,yang juga sama bidangnya dengan Apple, dan juga membeli perusahaan Animasi yaitu Pixar Animation.Berawal dari Perusahaan NeXT,Steve jobs menemukan pasangan hidupnya yang bernama Laurene Powell yang akhirnya menjadi Istrinya.

Beberapa tahun kemudian,keajaiban menghampiri Steve jobs Tahun 1966,Apple mengumumkan akan membeli perusahaan NeXT Senilai 429 Juta Dollar,dan akhirnya perjuangan Steve Jobs Di Dunia Bisnis membuahkan hasil,Ia kembali lagi ke perusahaan nya yang dulu mengusirnya dan  sekarang(1996/97) membutuhkan ia kembali, dan jabatan yang ia peroleh adalah sebagai CEO Permanen menggantikan CEO Apple sebelumya Gil Amelio. 

Jangan Lupa Kunjungi Fan Page Qubiu atau akun resmi kami juga disini

Salam hangat  👋 Dari Kami Untuk Kamu Yang sudah meluangkan waktu untuk baca Artikel ini.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama