Mengenal Varian Covid 19 Omicron


Mengutip dari laman WHO,mereka memberitakan Pada November 2021,Tepatnya tanggal 26, World Healthy Organization atau disingkat WHO ini,menetapkan varian B.1.1.529 sebagai varian baru Covid 19 yang menjadi perhatian,untuk namanya, Varian ini bernama Omicron,atas saran kelompok penasihat teknis WHO tentang evolusi virus (TAG-VE).

Para peneliti di seluruh dunia sedang melakukan penelitian untuk lebih memahami banyak aspek tentang Virus ini  dan akan terus membagikan informasi penelitian saat tersedia.

Bagaimana Penularan Omicron ?

Masih belum jelas apakah Omicron lebih mudah menular,seperti lebih mudah orang ke orang,Dibandingkan dengan varian delta atau yang lain,menurut data WHO di Afrika Selatan,jumlah Tes positif terkena Varian Omicron mulai meningkat,tetapi Studi Epidemiologi/menganalisa varian ini masih berlangsung dan masih memahami apakah jumlah orang positif tersebut karena varian omicron atau bukan.

Apakah Omicron berbahaya ?

Untuk tingkat keparahan virus ini,Masih belum jelas apakah infeksinya bisa separah varian Delta dan varian yang lain,Menurut Data awal virus ini menunjukan bahwa ada peningkatan kasus  tingkat rawat inap di Afrika Selatan, Infeksi awal yang dilaporkan terjadi dikalangan mahasiswa sampai individu yang lebih muda,yang cenderung memiliki penyakit ringan,meskipun begitu peningkatan ini mungkin bisa bukan akibat penularan spesifik dari Omicron juga,karena WHO juga masih mempelajari tentang virus ini dan memerlukan waktu berhari-hari hingga beberapa minggu.

Seberapa Cepat Omicron Bisa Menginfeksi ?

Pada bukti awal WHO menunjukan bahwa mungkin ada peningkatan resiko infeksi ulang dengan Omicorn,orang yang sebelumnya positif covid 19,dapat terinfeksi ulang oleh Omicron,dibandingkan dengan varian lainnya,tapi sayangnya WHO hanya memiliki Informasi terbatas,karena kembali lagi WHO masih mempelajari varian ini.

Apa Peran Vaksin Dalam Hal Ini  ?

WHO bekerja sama dengan pihak mitra teknis untuk memahami varian ini,dampak potensial dari varian ini,pada Tindakan WHO,Termasuk Vaksin ,Vaksin tetap penting untuk mengurangi penyakit parah dan kematian,termasuk melawan semua varian dominan yang sedang beredar sekarang ini.

Apakah Perlu Tes Covid 19 ?

Tes covid 19 yang paling efektif sekarang ini masih tes PCR yang banyak digunakan mendeteksi virus,termasuk virus Omicron ini,WHO juga masih melakukan studi,menentukan apakah tes lain bisa mendeteksi virus ini,seperti antigen dan yang lain.

Apakah Ada Obat Untuk Virus Ini ?

Untuk pengobatan sendiri,saat ini menurut WHO Obat Korikosteroid dan IL6 Receptor Blockers (untuk detail obat ini bisa search di Google)masih efektif untuk menangani pasien dengan Covid 19 yang parah,untuk perawatan lain juga masih ditinjau oleh WHO,apakah masih efektif,mengingat virus ini dapat mengalami perubahan.

 

Jangan lupa Follow Instragram kami ya

Cek di @qubiu_writers

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama