Fakta Dan Biografi CEO Facebook Mark Zuckerberg

Source By Unsplash

Qubyu - Sosok pemimpin dibalik perusahaan layanan jejaring online yang sebelumnya  bernama Facebook,Inc yang  kini berganti nama menjadi Meta Platfrom,Inc.yang tidak lain adalah Mark Zuckerberg.

Bakat sejak Dini

Lahir di Westchester Country,New York pada tanggal 14 Mei 1984 dan dibesarkan oleh pasangan Edward dan Karen Zuckerberg,Mark Zuckerberg tumbuh jadi anak yang memiliki kecintaan terhadap komputer yang tinggi, perilaku ini mulai ditemukan pada Mark kecil pada umur 8 tahun,kala itu Mark dibelikan sebuah Komputer oleh ayahnya.

Dengan komputernya Mark kecil mempelajari Bahasa pemograman komputer sampai pada usia 12 tahun Mark berhasil membuat sebuah program massaging,dari programnya tersebut,ayahnya bisa melakukan keperluan kantor jauh lebih mudah,dari awalnya melakukan panggilan pasien menggunakan pengeras suara,menjadi lewat pesan massanging.

Mark Zuckerberg dan Facebook

Mark dikenal sebagai sosok berotak brilian dan cerdas, pada saat ia  menempuh pendidikan nya di Harvard University tepatnya pada tahun kedua kuliahnya, ia berhasil menciptakan sebuah situs yang bernama Coursematch, yaitu sebuah situs yang dapat melihat dan menyimpan daftar mahasiswa dalam satu kelas.

Dari web itu dia menyenpurnakannya,dan membuat facemash,lalu ia meminta teman-temannya untuk mengakses web tersebut, dan dari usahanya,ia berhasil membuat 450 mahasiswa mengunjungi situsnya dan juga ia berhasil  menyimpan  total 20.000 halaman data pelanggan dalam situs nya.

Baca Juga : Siapakah Sosok Di Balik Logo Restoran KFC

Namun dari usaha nya tersebut, ada pihak yang membuat Mark jatuh yakni pihak dari universitas Harvard, pihak Harvard University memandang ini sebagai pelanggaran hak privasi, dari pelanggaran tersebut situs Facemash ditutup dalam jangka 4 jam dan Mark dihukum oleh pihak Harvard.

Setelah 3 bulan pasca hukuman yang dijatuhi Harvard kepada Mark,ia tidak putus asa,Mark Zuckerberg mulai kembali membangun websitenya dengan nama yang baru yakni The Facebook,setelah peluncuran The Facebook, Mark Zuckerberg berhasil membuat 2/3 mahasiswa Harvard mendaftarkan diri mereka  ke Facebook.

dalam tempo 4 bulan Facebook bisa menjaring total 30 kampus, dan selanjutnya pada tahun 2004 (masa kejayaan facebook), jumlah anggota Facebook mencapai 70 juta pelanggan dengan 6 juta grup  dan setiap harinya 14 juta foto diunggah di laman Facebook

Menurut data,facebook merupakan website ter-aktif ke 6 di dunia pada tahun 2017.

Prinsip dan karakter mark Zuckerberg

1.Percaya Diri

Mack Zuckerberg adalah sosok yang jenius memiliki ide yang liar dan berpikir out of the box,berkat karakternya ini,ia suka berkreasi dan berinovasi,modal berharganya tersebut,ia  percaya diri bahwa suatu saat nanti dia akan sukses dan membawa mahakaryanya kedepan publik dan membuat mahakarya tersebut berguna bagi kehidupan manusia di masa yang akan datang dan ini terbukti pada Metaverse.

2.Pantang Menyerah

Karakter kuat yang melekat pada diri Mark adalah Pantang menyerah,ia adalah sosok yang kuat dalam meraih impiannya,contohnya saja saat Mark di jatuhi hukuman oleh pihak Harvard, karena telah melanggar hak privasi, namun 3 bulan setelah itu,Mark Zuckerberg mulai membangun sebuah layanan jejaring online yang bernama The Facebook, dan dari usahanya mark pun sukses membawa nama Facebook ke dunia dan sekarang facebook merupakan perusahaan jejaring sosial terbesar.di dunia.

3.Penggila Komputer

Sejak kecil Mark sudah dikenalkan pada komputer oleh ayahnya,Mark sering berada di kantor ayahnya untuk mengotak-atik mainannya yakni komputer,kecintaan pada komputer benar-benar sudah terlihat dari muda,dan dari kegemarannya ia berhasil menciptakan program massanging untuk ayahnya,yang berguna untuk memanggil pelanggan,dan tidak lagi memakai pengeras suara pada masanya.

4.Sederhana

Meskipun Mark Zuckerberg merupakan Founder Facebook dan memiliki kekayaan lebih dari 19 juta dollar Amerika atau jika dirupiahkan akan jadi 210 triliun rupiah,namun perlu diketahui, teman dan kerabat nya menganggap dirinya sebagai Pria yang paling miskin di dunia.

kesederhanaannya bukan soal slogan saja tapi benar-benar terbukti  contohnya saja pada saat hari pernikahan antara Mark Zuckerberg dengan Priscilla Chan yang merupakan gadis keturunan Tiongkok,Mark sendiri tidak ingin pesta pernikahannya mewah,ia hanya menggelar acaranya di kebun belakang rumahnya dan mengundang tidak lebih dari 100 orang,bahkan ia berencana tetap mengontrak rumah pasca pernikahan.

Bukan itu saja Mark Zuckerberg juga menunjukan kesederhanaan di kehidupan yaitu hampir tidak pernah menggunakan pakaian resmi ,meskipun sangat mampu membeli jas, namun setelan baju Mark hanya kaus oblong ,celana jeans dan sepatu kets kesayangannya.


Fakta – Fakta Mark Zuckerberg Yang Jarang Diketahui

 

1.Pria dengan gaya berpakaian terburuk

Mark Zuckerberg selalu memakai kaos abu-abu setiap hari ketika bekerja,Ia memiliki banyak kaos yang sama,bahkan ia sempat di cap sebagai pria dengan Fashion Terburuk oleh sejumlah majalah Lifestlye di Amerika Serikat.

2.Buta warna

Mark Zuckerberg mengidap Buta warna,ia tidak dapat melihat warna merah dan hijau dengan jelas,di penglihatanya warna yang paling jelas adalah Biru dan ini bisa jadi kenapa latar logo Facebook,biru.

3.Seorang Hacker

Mark Zuckerberg pernah didakwa berdasarkan UU California sebagai Hacker yang menyusupke dalam sistem komputasi server Universitas Harvard sehingga di keluarkan dari kampusnya.

4.Miliader termuda

Mark Zuckerberg dinobatkan sebagai seorang miliader termuda yang didapatkan atas usahanya sendiri, bukan karena warisan yang pernah tercatat dalam sejarah,hal ini ia dapatkan karena mendirikan Facebook.

5.Buku yang disukai

The muqaddimah adalah salah satu karya ternama Ibnu Khaldun yang menarik hati Mark Zuckerberg,ia memilih sebagai satu dari buku yang dibaca bersama komunitas A year of book, Mark Zuckerberg merasa buku itu layak di baca agar bisa memahami pandangan tentang dunia pada saat itu.


Kesimpulan:

seseorang yang memiliki Passion dan juga tujuan pasti memiliki aksi yang sama kuatnya walaupun harus menanggung malu,kecewa dan juga berkali-kali gagal, mereka akan selalu bangkit dan mengejar impian mereka,karena mereka yakin dibalik suasana gelap yang menutupi pandangan, maka suatu saat akan ada cahaya yang akan membawa mereka sukses dan bahagia.


Kami Menghargai Setiap Komentar Yang Masuk Lewat Blog Ini.


1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama