Tips Dasar Public Speaking Dan MC

Source:Unsplash

Qubiu - Melakukan penyampaian dari satu individu kepada banyak orang merupakan Hal yang bisa dikatakan Tidak Mudah,ketika kamu bertugas untuk menjadi MC ataupun melakukan Presentasi di dalam sebuah Acara dengan banyak orang mungkin akan merasakan grogi sampai tidak diperhatikan oleh audiens.

Nah kali ini,Qubiu Udah Rangkumin nih,Tips Dasar  Public Speaking dan Membawakan Acara ataupun menjadi Presenter Yang Anggun Dan Elegan Menurut Qubiu.

Tips Dasar  Public Speaking Dan MC

Q.Kemampuan Dalam Berbicara

Saat kamu melakukan Pidato ataupun Presentasi dalam mengisi sebuah Acara,Maka kamu harus mengetahui Seberapa jauh kemampuan kamu dalam berbicara di depan umum,kalau kamu orang Tipe Introvert mungkin akan tidak mudah (Ekstrovert juga termasuk) dalam berbicara di depan para audiens.

Hal yang bisa kamu ukur dari kemampuan berbicara yang kamu miliki adalah  Penyampaian Materi,Lakukan survei kepada teman kamu untuk jadi audiens/hadirin yang jadi kelinci percobaan mu untuk mengukur seberapa puas teman kamu terhadap skill presentasi atau MC yang kamu miliki.

Baik dalam aspek dialog misalnya Kamu dan teman kamu saling bertukar kalimat pembicaraan dan Monolog dimana disini kamu berbicara sendiri dan tidak ada orang yang memotong sampai waktu dan pidato atau presentasi kamu habis,keefektifan berbicara juga perlu dilatih dengan serius jika kamu juga memiliki niat untuk menguasainya.

Saran Qubiu kalau kamu seorang Introvert atau malu mengajak teman kamu dalam melatih kemampuan berbicara bisa menggunakan bayangan kamu sendiri,dengan bantuan Cermin yang kamu punya.

Tips Dasar  Public Speaking Dan MC

U.Menggunakan Informasi Yang Lengkap

Dalam berbicara dengan audiens tentunya Harus memiliki Materi yang benar dan tidak mengandung Informasi yang dibuat-buat,Informasi juga harus di kemas dengan Bahasa yang mudah dipahami dan juga informasi tidak akan menjadi sebuah informasi jika tidak menggunakan 5W 1H atau arti umumnya “Apa” “Siapa” “Dimana” Kapan” ”Mengapa” dan “Bagaimana”.

Percuma juga kalau kamu memiliki skill berbicara yang bagus tapi informasi yang kamu ujarkan pada audiens mengandung ketidak akuratan dan terkesan dibuat-buat,Maka dari itu galilah Informasi dengan sumber TERPERCAYA atau Langsung Dari Sumbernya,Hati-hati juga dalam menyampaikan informasi dari sumber-sumber yang belum jelas informasi dan hanya berisi provokatif.

Kalo kamu mau tau Qubiu ambil Materi ini dimana,Baca sampai habis ya.

Tips Dasar  Public Speaking Dan MC

B.Penyampaian Materi yang Mudah Dipahami

Menggunakan Informasi yang jelas tentunya harus memerlukan kalimat yang Singkat,Padat,Jelas atau bisa disebut mudah dipahami.Kalimat yang berputar-putar cenderung akan membuat audiens binggung sama seperti Masalah yang semakin dipikir semakin bingung.

Gunakan opsi meringkas di setiap Paragraf yang kamu presentasikan,dan susun  dengan kata yang mudah dipahami,jika audiens kamu adalah siswa di sekolah dasar maka gunakanlah Bahasa mereka,Tapi jangan semua Bahasa mereka kamu tiru,minimal dasar-dasarnya saja.

Kepoin Artikel Yang Lain: Siapakah Orang yang ada dilogo KFC 

Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang baik,maka saran Qubiu kurangilah kalimat yang berlebihan apalagi yang keluar dari konteks pembicaraan.

Tips Dasar  Public Speaking Dan MC

I.Lihat Tentang Audiens

Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah mempertimbangkan latar belakang audiens,Maksudnya Kamu harus mengamati audiens yang menjadi sasaran untuk presentasi ataupun MC , yang didalamnya meliputi pola pikir,tingkat pendidikan,kebutuhan,tingkat emosi,minat dan kepentingan Audiens.

Setiap orang juga memiliki hal kehidupan yang berbeda-beda,maka jika Kita memasuki AREA komunikasi audiens juga harus memerhatikan hal-hal tersebut agar semua audiens dapat menerima apa yang anda Jelaskan atau bicarakan.

Tips Dasar  Public Speaking Dan MC

U.Menggunakan Etika

Setiap huruf,ejaan,kata,kalimat,ucapan yang kita sampaikan pada orang akan dimasukan ke dalam pikiran dan hati mereka.

Dalam menyampaikan sebuah materi dan informasi tentunya harus menggunakan Etika yang baik dan sopan,seperti dilihat dari TIPS yang sebelumnya,kamu juga perlu melihat latar belakang audiens,dan cocokan etika dan Bahasa mereka dengan materi yang akan kamu sampaikan.

Sumber diambil adalah dari sebuah buku yang berjudul The Art Of Powerful Public Speakers.

Kesimpulan

Di dalam Artikel ini dapat di Ambil Lima poin Yaitu

Q.Kemampuan Berbicara

U.Menggunakan informasi yang lengkap

B.Penyampian materi yang mudah dipahami

I.Lihat tentang audiens

U.Menggunakan Etika

Semoga Membantu !

 

Qubiu | Kunjungi Fan page Kami Ya...

Kami Sangat Menghargai Komentar Yang Masuk dalam Blog Ini.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama