Cara Agar Disukai Audiens Saat Jadi MC


Qubyu - Dalam berperan menjadi MC di dalam sebuah acara,memerlukan sebuah perhatian para audiens atau penonton,Sama juga hal nya saat melakukan presentasi pada audiens,dimulai membuka sampai menutup sebuah Presentasi,semua memerlukan perhatian dan respon dari audiens,jika tidak di respon maka anda hanya akan dianggap sebagai hiasan saja.

Artikel ini lanjutan dari Tips Dasar Publik Speaking Dan MC

Nah,Kali Qubiu akan menjelaskan 3 POIN yang bisa membuat Kamu  Diperhatikan dan disukai oleh audiens.

 Q.Sentuh Hati Penonton

Saat anda berada di panggung dan berbicara pada audiens,anda pasti memerlukan perhatian dari penonton, untuk mendapatkan sebuah koneksi antara anda dengan Audiens,maka sentuhlah hati Audiens.

Cara ini bisa membuat Audiens memperhatikan dan membuat Mereka Tertarik dengan Anda.cara yang tepat adalah dengan mengambil topik topik yang mereka sukai,lalu tambahlah topik itu di pembicaraan anda.

Lalu timbul pertanyaan, Bagaimana Cara menemukan topik yang mereka sukai ?,menurut salah satu buku yang saya baca,Topik yang penonton sukai adalah Tentang Diri Mereka Sendiri.seperti topik yang sedang diperbicangkan di media sosial sampai topik tentang kehidupan yang sedang mereka jalani,Ketika membicarakan topik tentang diri mereka,mereka akan tertarik dan terpesona dengan anda,Hal ini membuat anda bisa menyentuh hati audiens.

Namun ketika anda membicarakan Tentang diri anda sendiri itu kurang efektif untuk membuat audiens Tertarik bahkan terpesona oleh anda,bahkan kebanyakan menceritakan tetang diri anda yang tidak ada manfaat bagi audiens akan membuat audiens yang baru anda kenal menjadi diam dan tidak ada respon setelahnya,Untuk mengatasi hal ini cara yang Ampuh adalah dengan Menyingkirkan kata Saya,Aku dan Kata Yang Berakhiran KU,sebagai gantinya Gunakan lah kata yang indah dan tinggi Bahasanya seperti “ANDA”.1 kata ini menurut Penulis sangat tinggi kehormatanya jika anda sampaikan ke audiens.

Cara lain yang juga bisa membuat penonton tertarik yaitu Buatlah mereka terpancing untuk Membicarakan diri mereka sendiri,Seperti: “Bagaimana kabar Anda hari ini” atau “Kenapa Anda tertarik mengikuti acara ini ?“ Kata-Kata ini akan memancing respon mereka, dan kebanyakan orang lebih membicarakan diri mereka sendiri  daripada topik lain,ketika anda bisa memanfaatkan momen itu dengan mencampurkan topik tentang diri mereka dengan anda maka anda bisa Menariik hati para audiens.

Baca juga:Fakta Yang Jarang Diketahui Dan Biografi Singkat CEO Metaverse Dan Facebook

U.Bahasa Tubuh

Bahasa Tubuh adalah bagian dari  seni berbicara di depan umum,Menggunakan Bahasa tubuh saat jadi MC merupakan hal yang penting untuk dilakukan,Kegunaan dari tips ini adalah bisa menunjukan karakter yang anda miliki dan bisa membuat audiens terkesan.

Bahasa tubuh yang indah dapat menunjukan bahwa anda memiliki kecakapan,daya pikat dan suasana hati yang positif,contohnya ketika anda Tersenyum, anda bisa merasakan kebahagiaan, jika anda duduk tegap, anda akan merasakan tubuh yang lebih energik.

Beberapa Bahasa tubuh yang bisa Kamu tiru !

Q.Lakukan Kontak Mata

Hal ini bisa membuat para audiens yang anda tatap merasa dirinya saja yang diperhatikan,Namun kontak mata bukan menatap secara terus menerus,jika anda menatap audiens terus menerus maka itu akan membuatnya gelisah dan tidak nyaman,sesekali tatap dalam jangka 2-3 detik lalu berganti-gantian pada audiens yang lain,Lakukan hal ini di sela sela sesi bicaramu.

Jika anda merasa belum bisa,maka perbanyaklah latihan,ada juga tips dari Qubiu yaitu jika kamu tidak bisa menatap matanya maka tataplah Di bagian Tengah Kedua mata Audiens.

U.Kondisi Bahu Tangan

Ketika anda Tegang,anda juga akan merasakan ketegangan di kedua bahu anda.biasanya terlihat dari Posisi bahu yang sedikit terangkat dan maju ke depan,Untuk mengatasi hal ini cobalah untuk mengendurkan ketegangan dengan menggerakan bahu anda dan mundurkan posisinya ke belakang atau bersandar.

B.Tersenyum Dan Tertawa

Ketika anda di panggung saat jadi MC ataupun sedang Presentasi,Coba anda atur ekspresi anda menjadi Ceria,Santai,Tersenyum dan tidak perlu tegang,hal ini juga bisa menjadi hal yang bisa memancing respon audiens,saat anda menceritakan pengalaman anda ataupun cerita lucu itu akan membuat audiens tertawa,Namun jangan menjadi orang pertama yang tertawa karna cerita atau pengalaman anda karena anda akan merasa sendiri jika tidak ada yang merespon dan juga akan menimbul suasana malu bagi anda.

I.Hindari Sifat Terburu-buru

Jka anda suka berjalan cepat,cobalah untuk memperlambatnya itu akan membuat anda lebih percaya diri dan Tenang akan hal yang akan anda jalani,Ketika anda menyampaikan informasi pada audiens cobalah untuk tenang pada gerakan tubuh anda,itu akan membawa seperti hal diatas,namun juga jangan melakukan gerakan terlalu lambat, jika anda diberi durasi untuk Hal Presentasi maka anda juga harus memperhatikan durasinya dan tempo gerakan yang tenang tapi tetap memperhatikan waktu.

U.Gunakan Tangan

Tangan merupakan hal yang penting juga untuk mendeskripsikan sebuah kata ataupun benda,Jika anda menggunakan tangan untuk hal di dalam Penyampaian materi anda maka hal ini bisa membuat para audiens mengerti apa yang anda sampaikan,gerakan tangan anda akan berfungsi jelas dan optimal untuk menyampaiakan,sebab intinya Bahasa tubuh adalah upaya untuk menguatkan Isi  pada kalimat yang anda Lontarkan.

B.Penampilan

Penampilan menentukan karakter seseorang,entah karakter positif atau negatif,karaker yang terbangun dari penampilan seseorang akan menggiring cara berpikirnya,maka dari itu penampilan seseorang sangat berpengaruh pada cara kerja otaknya.

Agar audiens bisa terpikat oleh suara dan kalimat anda,maka Gunakanlah penampilan yang membuat audiens Nyaman untuk memandangnya dan akhirnya bisa tertarik untuk memperhatikan anda.

Berikut Hal yang perlu anda perbaiki untuk hal penampilan.

Q.Cara Berpakaian

Memilih pakaian yang mahal dan mewah bukanlah yang utama untuk memikat para audiens,pilihlah pakaian yang sesuai karakter yang anda miliki tapi jangan terlalu terbuka cukup rapi,bersih,sopan,dan sesuai konteks pembicaraan yang anda lakukan,jika materi yang anda sampaikan sesuai dengan ekspektasi anda maka pakaian anda akan menyesuaikanya menjadi Profesional

U.Sepatu

Sepatu yang anda kenakan juga berpengaruh pada penampilan,Pengunaanya tersendiri juga dan disanrankan memakai warna yang gelap contohnya Hitam.

B.Gaya Rambut Dan Wajah

Hal ini sangat berpengaruh pada penampilan anda,karena kebanyakan Audiens juga selalu memperhatikan wajah para MC atau Presentator yang berada di panggung,Pastikan wajah anda bersi dan tidak ada makanan yang menempel di bibir dan dagu,jika sudah kusut cuci wajah dengan krim pembersih agar wajah anda terlihat segar.

I.Postur Ideal

Mempunyai postur tubuh yang ideal merupakan hal yang mempengaruhi performa anda,Tinggi dan berat badan yang ideal akan terlihat lebih bagus untuk memikat para audiens dan anda bisa percaya diri.

U.Bau Badan

Bau badan yang tajam dan tidak sedap jangan sampai melekat pada tubuh anda,di samping menimbulkan presepsi yang kurang bagus,orang lain juga merasa terganggu jika anda berada didekatnya,Hal ini perlu anda rubah dengan menggunakan parfum atau minyak yang bisa membuat bau badan anda wangi dan sedap untuk dihirup,orang juga akan tertarik dengan bau tubuh yang segar,akan memudahkan anda memperoleh simpati orang.

Kesimpulan

Tips ini dibuat untuk dilakukan ataupun dipraktekan,bagi anda yang masih berat untuk bidang ini dan masih pemula tapi lama-lama jika dilatih untuk diri anda sendiri maka anda akan tidak takut lagi untuk tampil di depan banyak orang/audiens.

Jangan lupa Kunjungi Fan page Kami

Disini


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama