6 Efek Samping Minum Kopi

Pict By Natallia Sorenkova  | Source On Unspalsh

Qubyu– Meminum kopi merupakan salah satu rutinitas yang sering dilakukan oleh banyak orang, baik pada waktu pagi maupun malam,tidak heran jika kebanyakan memilih kopi untuk memulai atau menutup keseharian mereka dengan secangkir kopi.

Selain nikmat,kopi memiliki kandungan kafein,yang berarti mengurangi rasa kantuk,dibalik nikmatnya kopi,apakah anda pernah terpikir,apakah meminum kopi akan menimbulkan efek samping pada tubuh manusia ?

Berikut Beberapa Efek samping yang akan dirasakan penikmat kopi jika berlebihan.

Baca Juga : 8 Khasiat Jus Semangka

1.Insomnia

Anda pasti sudah mengetahui jika kopi memiliki kandungan kafein yang besar,hal ini akan menyebabkan tubuh anda tidak merasa ngantuk dan terasa ber-energi,namun jika anda meminum kopi pada saat sebelum jam tidur,maka bisa dipastikan waktu tidur atau istirahat anda terganggu,hal inilah yang menyebabkan Insomnia atau sulit tidur.

Kembali jika ingin mendapatkan energi yang penuh jawaban nya adalah tidur dengan cukup,jika menurut rekomendasi WHO seorang manusia dewasa paling tidak harus tidur 7-9 Jam per hari.

2.Detak jantung menjadi cepat

Meminum kopi yang berlebihan akan membuat seseorang mulai merasakan efek pada tubuh mereka,salah satu adalah detak jantung berdetak cepat,hal ini sebabkan karena kafein yang ada pada kopi,jika anda memiliki kebiasan minum kopi setiap hari dan berlebihan.

Maka Anda Harus mewaspadai akan efek terlalu banyak kafein pada kopi yang anda minum, gejala yang mungkin bisa saja terjadi adalah menyebabkan tekanan darah dan detak jantung meningkat.

3.Nafsu makan jadi berkurang

Berkurangnya nafsu juga menjadi salah satu efek samping dari minum kopi,diketahui kopi dapat menstimulasi thermogenesis yaitu sebuah proses dalam tubuh menggunakan panas untuk membakar kalori dalam tubuh.

Maka Jika anda beberapa orang yang ingin menurunkan berat badan,mereka mencoba mengurangi atau menhentikan rutinitas meminum kopi mereka dalam keseharianya.

Diketahui kopi juga dapat meningkatkan metabolism pada tubuh,namun tidak disarankan untuk mengosumsi dalam jumlah banyak dan cenderung berlebihan.

Baca Juga : Cara Simple Hidup Sehat

4.Mengalami sakit kepala

Diketahui zat kafein yang ada dalam kopi dalam jumlah sedang dapat membantu meredakan sakit kepala membantu obat pereda nyeri bekerja lebih baik.

Zat kafein juga menjadi tambahan dalam obat sakit kepala. Batas aman dalam mengonsumsi kafein adalah 500 mg setiap hari atau setara dengan 5 cangkir.

Namun  mengonsumsi kopi terlalu banyak dalam jangka waktu lama, bisa mengalami gejala penarikan kafein.

Nah inilah mengapa meminum atau mengosumsi terlalu banyak kopi akan membuat sakit kepala,dan gejala lainnya yang berhubungan dengan sakit kepala.

5.Dampak pada gigi dan gusi

Meminum kopi setiap hari ternyata juga dapat menimbulkan dampak pada gigi dan gusi,kopi yang diminum cenderung mengandung banyak gula dan tanin yang asam.

Kedua zat tersebut dapat mengikis lapisan pelindung gigi secara perlahan,dengan begitu kopi akan menyebabkan warna gigi menjadi kekuningan.

Untuk mengatasi hal ini anda hanya perlu menggosok gigi dengan sikat dan pasta gigi,dengan begitu zat dari kopi bisa dihilangkan.

6.Dampak pada otak

Yang terakhir,hal ini bisa menjadi salah satu efek baik bagi bagian otak anda,ketika kafein masuk ke aliran darah maka kafein akan cepat menuju ke otak.

Dan yang terjadi selanjutnya otak akan memberikan perintah untuk tubuh agar berenergi dan hanya perlu 10 menit menunggu efek ini dapat terjadi dalam tubuh anda.

Pada hal ini reseptor adenosine di otak akan bertemu dengan kafein,kemudian adenosine akan membuat seseorang merasa mengantuk. Namun ketika kafein masuk, maka efek dari adenosine berkurang sehingga seseorang merasa berenergi.

Note: Meminum kopi pada dasarnya dibolehkan dan tidak ada larangan,namun kebiasaan yang belebihan yang mendorong untuk terus menum kopi akan membuat dampak buruk bagi tubuh.

Qubyu | Sebuah Blog Keseharian


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama