Mengatasi Rasa Malas Belajar

Pict by Steinar Engeland | Source Unsplash

Qubyu – Dewasa ini sering kita temukan beberapa orang yang masih enggan untuk belajar,entah itu karena alasan finansial atau karena malas,mengingat pada jaman sekarang semua sudah tersedia,misal ketika ingin membaca buku tapi tidak mampu membeli buku maka jawabanya pergi ke perpustakaan dan ketika ingin mengetahui sesuatu tinggal klik Google Dan ketik hal apa yang kamu ingin tau di bagian `Search` kemudian diperdalam seiring waktu.

Mungkin kalau  cuma sebatas kalimat yang diucapkan akan terasa hanya sebatas omongan dan bukan tindakan,nah dari sini timbul pertanyaan “bagaimana Caranya” atau “Apakah bisa”,disetiap masalah pasti memiliki jalan keluar.

Berikut ini Qubyu akan memberikan Beberapa “Tips Mengatasi Rasa malas” yang mungkin bisa kamu praktekan dalam keseharian kamu.

1.Motivasi

Dalam melakukan kegiatan tentunya harus disertai tujuan yang sesuai harapan yang di tentukan,dengan memiliki motivasi maka anda  dapat berambisi melakukan sesuatu sesuai keinginan anda,tanpa ada dorongan luar dari motivasi anda.

Motivasi merupakan sebuah dorongan, hasrat atau minat yang begitu besar di dalam diri, untuk mencapai suatu keinginan, cita-cita dan tujuan tertentu.

Mengapa harus memiliki motivasi ? ,kembali ke kalimat pertama tadi,setiap kegiatan pasti harus memiliki  tujuan yang nyata atau sesuai keinginan kita,maka dari tujuan yang kita tuju akan menjadi motivasi,yang menjadi penyemangat kegiatan belajar dan juga berlaku bagi yang lain.

Jadi Apa Motivasi Anda Untuk Belajar ?

Baca Juga : Cara Menumbuhkan Minat Membaca  Buku

2.Rasa Ingin Tahu

Rasa ingin tahu. Bukan tahu makanan ya…

Rasa ingin tahu dapat menjadi salah satu faktor kenapa seseorang ingin  mempelajari atau belajar akan suatu hal yang membuatnya penasaran,rasa keingintahuan dapat anda temukan dengan membaca buku-buku atau untuk yang masih sekolah bisa dengan buku pelajaran.

Belajar juga tidak harus mengenai materi sekolah,tapi tentang apa yang kamu ingin ketahui,dengan menerapkan prinsip ini ketika anda belajar akan terasa menghayati atau fokus dalam belajar.

Baca Juga :Cara Mengatasi Rasa Malas Yang Berlebihan

3.Perubahan Kecil

Dalam mengatasi sebuah kemalasan tentunya harus menggunakan cara yang efektif,nah cara yang efektif dalam hal ini adalah dengan melakukan sebuah perubahan kecil,kenapa harus Perubahan kecil ?, sebagian orang jika menerapkan pasti dimulai dengan bagian yang mudah lalu sampai sulit.

Begitu juga dengan perubahan kecil,jika anda menganggap kemalasan anda terlalu berat untuk dihilangkan,maka lakukan perubahan kecil,jika malas dalam belajar maka cobalah untuk mencicilnya.

misal dengan membaca buku 1 halaman perhari,dengan mempelajari 1 bagian dari materi pelajaran per hari atau minggu, pasti jika anda biasakan akan terasa mudah dan pastikan anda tingkatkan dari waktu ke waktu.

Ada pepatah dari bahasa jawa yang berbunyi

“Alon-Alon Asal Kelakon” atau pelan-pelan asal dilakukan dalam bahasa Indonesia.

4.Kurangi Main Media Sosial & Game

Pada dasarnya media sosial bertujuan untuk bersosialisasi tanpa pandang jarak satu sama lain tapi ada juga yang memposting keseharian mereka dengan gaya (saya harap anda tidak seperti gambaran orang yang saya tulis).

Banyak pelajar atau siswa atau yang masih sekolah atau study yang membiasakan diri mereka untuk bermain game,hal ini kalau dipandang memang wajar,tapi jika dibiarkan terlalu tenggelam dalam dunia Game yang anda mainkan maka akan berdampak pada kesehatan maupun pikiran anda.

Bagaimana cara memastikan bahwa seseorang terlalu candu terhadap game ? anda dapat melihat seperti hal nya makanan yang selalu dibutuhkan manusia,nah bayangkan makanan itu adalah game

Baca Juga: Alat Ini Bisa Membuat Music Tanpa Membuat Pengguna Bernyanyi

Hal ini pasti banyak yang tidak mempedulikan,tapi perlu anda ingat bermain game yang berlebihan akan berdampak pada pikiran anda dan lebih banyak negatif daripada positif.

5.Tujuan

Dari awal anda mencari solusi dari masalah anda ini,apakah yang menjadi tujuan anda untuk bebas dari rasa malas untuk belajar ?,kalau jawabanya ingin menjadi pintar maka tidak ada salahnya,tapi menjadi pintar tidak harus menguasai segala ilmu,di dunia ini jarang ada orang pintar yang mengaku dirinya pintar.

Belajar untuk mencari ilmu atau informasi adalah tujuan yang paling pas dalam belajar.

Jadi apa tujuan anda untuk belajar ?

Qubyu | Kunjungi Fanpage Kami DIsini

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama